Monday, December 16, 2013

Busy Week

Tergelitik karena sebuah kondisi bertema REMIDI, menjadikan hari-hari kami selama satu minggu ini adalah hari penuh kesibukan. Sehingga tidak salah bila saya meyebutnya "Busy Week" alias pekan sibuk!
Iya sibuk.. sibuuuuuuuk banget. Yang remidi ya sibuk, yang tidak remidi-pun ikutan sibuk. Lha ko?? Lha iya, mereka ikutan sibuk karena membantu teman-temannya yang sibuk remidi. Sampai-sampai salah satu peserta didik saya berujar "Pinter salah, ga pinter makin salah ya buk?"
Ya begitulah..


Sebenarnya saya benci remidi!
Mengadakan remidi atau membayangkan akan direpotkan karena mereka yang remidi saja sudah membuat saya bergidik!
Satu hal : saya tidak pernah remidi semasa saya sekolah (berbangga sedikit bolehlah)
Dan hal yang kedua : saya tidak pernah merasakan kultur sekolah dimana jumlah peserta didik yang remidi jauh melampaui jumlah peserta didik yang tidak remidi.
Salah siapa?
Apa dulu guru saya sangat pandai hingga bisa membuat sebagian besar peserta didiknya tidak remidi??
Atau saya - yang kebetulan sekarang ini adalah guru mereka -  terlampau bodohnya hingga tak lagi punya cara bagaimana agar membuat peserta didik saya tidak remidi??!!
Akh!


Remidi sebenarnya bertujuan membuat nilai peserta didik mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal) sebuah mata pelajaran yang sudah ditentukan. Hanya saja dalam kasus saya ini, kuota remidi yang sangat tinggi artinya hampir 38% (95 dari 250 peserta didik yang saya ajar) peserta didik harus melakukan remidi agar mencapai KKM-nya. Yang berarti tingkat ketercapaian saya mengajar bahkan tak sampai 70%.

Akh!
Apakah saya terlalu idealis? Saya rasa tidak (sekali lagi saya rasa, dan kemungkinan apa yang saya rasa berbeda dengan apa yang orang lain/guru lain rasa)
Atau apakah saya yang tidak mampu menyampaikan materi dengan sebaik-baiknya, sejelas-jelasnya, segamblang-gamblangnya sehingga membuat peserta didik saya paham betul apa yang saya sampaikan dan puncaknya tak perlu melakukan remidi.
Dari 3 kali ulangan harian, tugas - yang saya bantu pengerjaannya - yang hampir saya berikan setiap pertemuan , ulangan tengah semeseter dan ulangan akhir semester ko tetap tak sanggup juga meraih nilai KKM??
Padahal soalnya sudah saya turunkan tingkat kesulitannya, kisi-kisi pun sudah saya berikan, bahkan untuk 35 soal yang akan saya keluarkan di ulangan maka 35 kisi pula saya sodorkan. Mengajarpun saya hampir tidak pernah duduk manis di bangku guru, hampir setiap harinya bak ayunan sederhana yang harus bolak-balik di sekitar titik setimbangnya tanpa pengaruh ataupun gesekan udara, praktis setiap habis mengajar harus ngosh-ngosh-an tak karuan.
Tapi sepertinya itu semua ko belum cukup ya? Nyatanya masih banyak banget tuch yang remidi.
Dimana salah saya?
Akh!
"Yang peserta didiknya menumpuk kan tidak cuma kamu, va! Mungkin saja yang rendah memang inputnya! Maklum siih sekolah pinggiran, jangan terlalu risau.. yang penting sudah mengusahakan yang terbaik" - kalimat inilah yang mungkin jadi penenang saya, ya.. bukan cuma saya. Berarti yang tidak berhasil bukan cuma saya ya? Atau mungkin betul "input"nya? Haha! Kalimat penenang terkadang justru menjerumuskan. Karena berusaha mencari kesalahan orang lain untuk pembenaran diri sendiri membuat saya makin tidak termotivasi. Nglokro! Males! Tapi mungkin inilah sifat dasar manusia.. toh malas-malasan memang menyenangkan. Hehe..


Dan disela-sela mengurusi peserta didik yang remidi, saya masih sempat menulis ini di blog saya.. bahkan sempat pula mengcapture kesibukan mereka.
Here they are!

Happy rush day!

Happy busy week.. and Happy monday!
:-)

16 comments:

Anonymous said...

Anonymous said...

EFD said...

ini pada comment apa ya? ko ga ada tulisannya? sebelum publish comment di preview dulu nang.. jadi kliatan comment-nya masuk atau engga.

Anonymous said...

Anonymous said...

RYAN ARDHANU
XII TP 2
TUGAS REMIDI KELAS XII TP2

Anonymous said...

NURUL ARIFIN
XII TP2
TUGAS REMIDI KELAS XII TP 2

Anonymous said...

UBAIDILLAH
Xll Tp 2
TUGAS REMIDI KELAS Xll

Anonymous said...

UBAIDILLAH
Xll Tp2
TUGAS REMIDI KELAS Xll

Anonymous said...

NURUL HUDA
Xll Tp2
TUGAS REMIDI KELAS Xll

Anonymous said...

EKSANTO
XII TP 2
TUGAS REMIDI KELAS XII TP2

Anonymous said...

IRFANI IQBAL TUMEWU
XII TP2
TUGAS REMIDI KELAS XII TP2

Anonymous said...

HANDADA ANDRE PANGESTU
XII TP2
TUGAS REMIDI KELAS XII TP2

EFD said...

yaaaaah salah tempat!
disuruh comment di postingan yg remidi, malah pada comment disini. comment sbg bentuk konfirmasi kalian yang telah memahami tugas remidinya.
lha kalo gini kan bisa2 konfirmasi dari kalian tidak terdata.

Anonymous said...

BINTORO SATRIYA PUTRA XIITP1
TUGAS REMIDI FISIKA DAN REMIDI ALFA KELAS XII

Anonymous said...

KHOERUDIN XII TP1
TUGAS REMIDI FISIKA DAN DAN REMIDI ALFA KELAS XII

Unknown said...

:-I

Post a Comment

 
; ; ;